Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Langit Jakarta Biru, Ternyata Ada Efek ‘Bilas Polusi Udara’ Pakai Pesawat

Water Mist Spraying Foto: dok. BNPB

Jakarta – Langit Jakarta tampak cerah berwarna biru dan berawan sejak kemarin. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap langkah-langkah yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta dalam sepekan terakhir.

“Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah ibu kota Jakarta, salah satunya dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying menggunakan dua pesawat Cesna,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9/2023).

Abdul Muhari mengatakan upaya modifikasi cuaca itu dilaksanakan oleh BNPB bersama BRIN, BMKG, TNI dan pihak terkait lainnya di wilayah Jakarta. Menurutnya, operasi ‘bilas polusi udara’ tersebut digelar sejak Senin (4/9) hingga Senin (11/9).

Baca Juga : DPR Sahkan UU Pertanggungjawaban APBN 2022, soal Utang Jadi Catatan!

“Operasi ini telah dilaksanakan sejak Senin (4/9) hingga Senin (11/9) dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta,” ucapnya.

Dia menjelaskan dalam satu hari, setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

“Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang signifikan di mana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com, sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih,” ujarnya.

(fas/imk) (ars)