Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Flu Cepat Pulih

Foto: Getty Images/iStockphoto/Pheelings Media

Jakarta – Saat flu, banyak orang tak semangat untuk makan, padahal asupan nutrisi yang tepat membantu tubuh segera pulih. Kenali makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat flu.

Di tengah polusi udara yang baru baru ini kian memburuk, banyak penyakit mungkin dialami seseorang. Salah satunya risiko flu yang kian meninggi. Jika sudah terkena flu, maka seseorang perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Meski gejala flu kerap membuat indera penciuman dan pengecap menurun fungsinya, tapi seseorang sebaiknya tetap makan dan minum bergizi. Hal ini demi memulihkan diri dari flu dengan cepat.

Healthline (18/9) mengungkap makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat flu agar cepat sembuh.

Berikut daftarnya:

Baca Juga : Bakso Favorit Artis dan Pejabat di Jakarta, Berikut Daftarnya!

1. Kaldu
Saat flu paling enak mengonsumsi makanan berkuah hangat untuk memicu keluarnya ingus atau dahak. Sajian berbahan Kaldu seperti sup dan bakso pun bisa jadi pilihan tepat.

Kaldunya boleh memakai daging ayam, daging sapi, atau sayuran. Konsumsi Kaldu disebut pakar kesehatan mampu mencegah dehidrasi sekaligus meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Yogurt

Ketika flu melanda, kamu juga disarankan mengonsumsi Yogurt. Olahan susu fermentasi ini merupakan sumber probiotik, bakteri “baik” yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Hasil sebuah penelitian kecil menyarankan konsumsi probiotik untuk mengurangi keparahan flu pada beberapa orang. Saat membeli Yogurt, pastikan pilih yang mengandung kultur aktif dan hidup, vitamin D, dan tanpa gula tambahan.

3. Sayuran hijau
Konsumsi Sayuran hijau punya banyak manfaat, salah satunya menyembuhkan flu dengan cepat. Hal ini lantaran Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mampu meningkatkan imunitas.

Sayuran hijau merupakan sumber vitamin A, C, E, dan K. Selain dimasak Sayur bening atau ditumis, Sayuran hijau juga bisa dijadikan bahan campuran smoothies buah untuk variasi resep yang menggugah selera.

Baca Juga : 5 Makanan Enak Warisan Kolonial Belanda Masih Populer dan Digemari

4. Oatmeal

Tak enak badan saat diserang virus flu bisa diatasi dengan menyantap semangkuk Oatmeal hangat. Menu ini bisa menenangkan sekaligus mengasup beragam nutrisi penting untuk mendukung sistem imunitas tubuh yang lebih baik.

Oatmeal merupakan sumber serat, protein, zat besi, selenium, tembaga, hingga zink. Supaya makin enak, kamu bisa menambahkan Oatmeal dengan potongan buah dan aneka kacang.

5. Makanan tinggi vitamin D
Vitamin bisa didapat dari konsumsi makanan bergizi. Saat flu, kamu disarankan mengonsumsi vitamin D yang bisa didapat dari beberapa makanan. vitamin D meningkatkan imunitas tubuh sekaligus membantu mencegah infeksi flu.

Beberapa makanan sumber vitamin D adalah ikan, susu sapi, daing merah, keju, hingga minyak ikan. Konsumsi sumber vitamin D ini secara beragam setiap harinya.

Baca Juga : 5 Cara Meracik Kopi agar Jadi Suguhan Nikmat di Pagi Hari

6. Bawang putih dan aneka rempah

Bawang putih terkenal dengan beragam manfaat sehatnya. Sebuah penelitian tahun 2020 mengungkap Bawang putih memiliki khasiat antivirus dan dapat membantu mencegah penyebaran infeksi virus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih bisa dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam aneka makanan. Selain Bawang putih, konsumsi beberapa rempah seperti jahe dan kunyit juga bisa jadi pilihan tepat.

7. Makanan sumber vitamin C
vitamin C punya peran penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsinya sangat penting ketika kamu sedang sakit atau tak enak badan.

Coba rutin mengasup makanan sumber vitamin C yang kebanyakan berasal dari kelompok sayur dan buah. Di antaranya paprika, jeruk, kiwi, brokoli, tomat, jambu, pepaya, hingga nanas.

(adr/odi)

editor : Jasver Javier