Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Putra Mahkota Arab Saudi Tegaskan Dukungannya untuk Palestina

Pangeran Mohammed bin Salman (dok. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)

Riyadh – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) menegaskan dukungan Riyadh untuk Palestina saat perang berkecamuk antara Hamas dan Israel. MBS menyatakan Saudi sedang mengupayakan secara internasional maupun regional untuk menghentikan eskalasi konflik yang sedang berlangsung.

Seperti dilansir Al Jazeera dan Arab News, Selasa (10/10/2023), penegasan dukungan untuk Palestina itu disampaikan MBS saat berbicara via telepon dengan Presiden Mahmoud Abbas.

Disebutkan bahwa percakapan telepon antara MBS dan Abbas itu membahas soal eskalasi konflik di Jalur Gaza dan sekitarnya, serta memburuknya situasi yang mengancam kehidupan warga sipil, juga keamanan dan stabilitas kawasan.

Baca Juga : Iran Bantah Terlibat dalam Serangan Hamas ke Israel

MBS, dalam percakapan telepon itu, mengatakan bahwa Saudi tengah melakukan upaya dan komunikasi dengan semua pihak, baik internasional maupun regional, dalam upaya menghentikan eskalasi konflik yang sedang berlangsung dan mencegah ekspansi di kawasan tersebut.

Ditekankan juga oleh MBS soal perlunya mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan tidak menargetkan warga sipil dalam konflik.

“(Saudi) Melakukan segala upaya untuk terlibat dengan semua pihak internasional dan regional untuk menghentikan eskalasi yang sedang berlangsung,” ucap MBS dalam percakapan telepon dengan Abbas, seperti disampaikan kantor Putra Mahkota Saudi dalam pernyataannya.

Saat berbicara dengan Abbas via telepon, MBS kembali menegaskan dukungan Saudi untuk Palestina.

“Terus mendukung rakyat Palestina dalam memperjuangkan hak-hak mereka yang sah untuk mendapatkan kehidupan yang layak, untuk mewujudkan harapan dan aspirasi mereka, dan mencapai perdamaian yang adil dan abadi,” demikian pernyataan MBS.

Baca Juga : Hamas Klaim Sandera Jenderal Senior Israel Nimrod Aloni

Abbas pun menyampaikan terima kasih kepada MBS, dan menyatakan Palestina mengapresiasi sikap tegas serta upaya Saudi untuk membela rakyat Palestina dan perjuangan mereka.

Selain berbicara via telepon dengan Abbas, menurut Saudi Press Agency seperti dilansir Alarabiya News, MBS juga melakukan percakapan telepon dengan Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi untuk membahas konflik Israel-Palestina.

Editor : Jasver Javier