Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Viral Apotek Promosi Jual Obat Keras di TikTok, BPOM: Wajib Resep Dokter!

Ilustrasi obat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)

Jakarta – Viral apotek ternama mempromosikan sejumlah obat keras di TikTok, berujung hujatan netizen. Banyak yang menilai konten edukasi berkedok iklan penjualan itu bisa membahayakan keselamatan pasien.

Pasalnya, sejumlah obat keras memiliki efek samping berat, karenanya perlu diberikan dengan pengawasan dokter. Apotek hanya bisa memberikan obat keras berdasarkan resep dokter. Sebagai catatan, obat keras memiliki logo merah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) menyebut bakal menindak lanjut apotek tersebut. Belum diketahui tindakan seperti apa yang dilakukan BPOM sebagai pengawasan, termasuk kemungkinan sanksi yang diberikan.

Baca Juga : Viral Mahasiswi Diduga Bunuh Diri di Mal Paragon, Tulis Pesan Terakhir untuk Ibunya

Dalam keterangan resminya, masyarakat diimbau untuk selalu membeli obat melalui apotek yang sudah bersertifikasi izinnya.

“Beli di apotek yang sudah memiliki izin penyelenggara sistem elektronik farmasi (PSEF),” demikian keterangan resmi BPOM, kepada detikcom Rabu (11/10).

“Kalau obat keras beli dan peroleh di sarana resmi, wajib pakai resep dokter,” demikian keterangan resmi BPOM.

“(Soal kasusnya) Kami koordinasi dengan unit soal tindak lanjutnya,” sambung BPOM.

Baca Juga : Viral Kasus Anak Mati Otak usai Operasi Amandel, Menkes ‘Turun Tangan’

Pemberian obat dengan resep dokter mempertimbangkan dosis, lama pemberian, indikasi juga kontraindikasi yang tak bisa disamaratakan pada semua orang. Obat yang dikonsumsi juga akan mempertimbangkan gejala dan kondisi klinis pasien yang bersangkutan.

Meski postingan viral TikTok belakangan dihapus, potongan videonya telanjur viral di media sosial lain dan menuai beragam respons netizen.

“Kepada apotekk***d, tolong anda jangan membuat postingan seperti ini ya di TikTok. Ini sesat namanya, Cendo xitrol ini obat keras dan harus dibeli dengan resep dokter. Begitu pula dengan Lameson. Efek samping penggunaan Lameson dan Cendo Xitrol juga berbahaya. Parah asli,” demikian cuit salah satu netizen, seperti dilihat detikcom Kamis (12/10).

“Bikin konten obat sariawan, isinya obat antijamur semua,” protesnya.

(naf/up)

Editor : Jasver Javier