Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Israel Klaim Tangkap Juru Bicara Hamas di Tepi Barat

Ilustrasi -- Brigade Al Qassam yang merupakan sayap militer Hamas (dok. AP/Adel Hana)

Tepi Barat – Otoritas Israel mengklaim telah menangkap juru bicara Hamas dalam operasi militer terbaru di wilayah Tepi Barat. Penangkapan juru bicara Hamas ini dilakukan saat perang masih berlangsung antara Israel dan Hamas, yang memicu krisis kemanusiaan di Jalur Gaza.

Seperti dilansir CNN, Jumat (20/10/2023), penangkapan Hassan Yousef yang merupakan juru bicara Hamas ini diungkapkan oleh Dinas Keamanan Israel Shin Bet dalam pernyataan kepada CNN.

Shin Bet menyebut Yousef ditangkap dalam operasi militer Israel di wilayah Tepi Barat pada Kamis (19/10) waktu setempat.

“Dia ditangkap karena dicurigai bertindak atas nama Hamas,” sebut Shin Bet dalam pernyataan kepada CNN.

Baca Juga : Bentrok Pecah dengan Hizbullah, Israel Evakuasi Warga Dekat Perbatasan Lebanon

Sosok Yousef dikenal sebagai tokoh Palestina terkemuka, yang menjabat sebagai juru bicara resmi Hamas di wilayah Tepi Barat. Yousef juga diketahui memegang kursi di Dewan Legislatif Palestina.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa Yousef diyakini termasuk dalam 60 anggota Hamas yang ditahan oleh Israel dalam operasi militer di wilayah Tepi Barat baru-baru ini. Tepi Barat merupakan wilayah Palestina yang diduduki Israel dan turut merasakan dampak perang yang berkecamuk di Jalur Gaza.

Yousef pernah beberapa kali ditangkap oleh militer Israel sebelumnya dan telah menghabiskan total 24 tahun mendekam di penjara Israel atas berbagai tuduhan, mulai dari penghasutan, memasuki Yerusalem tanpa izin dan karena menjadi anggota Hamas.

Yousef juga secara rutin muncul di media internasional. Pekan ini, dia mengatakan kepada media Kanada, The Globe and Mail bahwa dirinya berpikir Hamas akan siap untuk membebaskan sekitar 200 sandera jika Israel menyetujui gencatan senjata selama 24 jam demi mengizinkan bantuan masuk ke Jalur Gaza.

Belum ada tanggapan Hamas atas laporan penangkapan Yousef ini.

Editor : Jasver Javier