Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Santap Chinese Food Klasik Sambil Nostalgia di Restoran Langganan Soeharto

Nostalgia Santap Chinese Food Klasik di Restoran Langganan Soeharto Foto: detikFood

Jakarta – Makan di restoran legendaris ini serasa masuk ke dalam lorong waktu. Nuansa restoran hingga makanan klasik menjadi daya tarik utamanya.

Di Jakarta masih tersisa banyak restoran legendaris yang dulu berjaya di era 1980an. Kebanyakan restoran yang bertahan ini menyajikan hidangan Chinese food klasik yang tak pernah berubah sejak puluhan tahun lalu.

Salah satunya Restaurant Rendezvous yang berlokasi di Jalan Johar, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan restoran klasik tersebut tampak mencolok dengan warna cat merah muda, mampu bersaing dengan bangunan tinggi nan modern di sekitar restoran.

Rendezvous pertama kali dibuka pada 1973 yang menyajikan makanan China autentik. Dalam perkembangannya restoran ini menjadi tempat makan favorit para pesohor, politisi ternama, hingga mendiang Presiden Soeharto dan keluarganya.

Berikut beberapa menu hingga sejarah di restoran yang dikenal dengan sebutan ‘restoran penuh kenangan’ ini.

Baca Juga : Hari Kanker Payudara, Konsumsi 7 Makanan Sehat Ini untuk Cegah Kanker

1. Restoran Pertemuan Penuh Kenangan

Bediri selama 44 tahun, restoran Rendezvous sering disebut sebagai restoran penuh kenangan. Nama ‘Rendezvous’ diambil dari bahasa Inggris yang berarti pertemuan di satu tempat. Sebelum restoran ini berdiri di Jalan Johar, cikal bakal Rendezvous sebenarnya berada satu tempat dengan Bioskop Menteng.

Baru pada 1985, restoran ini pindah ke lokasi sekarang dengan interior klasik khas 80an yang bisa ditemukan di setiap sudut restoran.

“Rendezvous merupakan usaha yang didirikan oleh saudara ipar saya yaitu Bapak Lukman Effendi. Asal usulnya restoran ini tercipta karena beliau dapat inspirasi dari istrinya yaitu Ibu Lilyana Lie,” jelas Pak Johan yang sekarang mengelola Rendezvous ke detikFood (21/10).

Saat itu bisnis kosmetik dari Ibu Lilyana tengah sepi sampai akhirnya mereka memutuskan untuk membuka usaha restoran Chinese food, yaitu Rendezvous.

2. Sajikan Hidangan Chinese Food Klasik

Meski sudah bertahan selama puluhan tahun, tapi Rendezvous masih mempertahankan resep hingga cita rasa makanan di sini. Gaya makanan di sini tentu saja berkiblat ke hidangan khas China peranakan.

“Restoran Rendezvous sejak dulu memang jadi tempat pertemuan buat acara makan bersama. Makan sama keluarga, teman, kerabat hingga rekan kerja. Karena itu porsi yang kita sajikan juga memang untuk sharing,” sambung Pak Johan.

Agar rasa makanannya tetap autentik, semua bumbu dan kecap yang digunakan di Rendezvous masih dikirim langsung dari Hong Kong.

“Kadang rasa kecap sama saus di sini itu beda. Misal kecap ikan sama saus tiram itu berbeda sekali kalau kita pakai yang lokal. Makanya dari tahun 1973 semua kecap dan saus itu impor dari Hong Kong,” lanjutnya.

Baca Juga : Waspada! 5 Komponen Mobil Ini Bisa Terganggu Gara-gara Cuaca Panas

3. Lumpia Udang hingga Mie Goreng yang Nikmat

Layaknya restoran Chinese food lainnya, menu yang ditawarkan di sini jumlahnya puluhan. Karena satu lauk bisa diolah menjadi beberapa macam masakan. Menu primadonanya antara lain siomay, lomie, nasi goreng, mie goreng hingga lumpia udang.

Salah satu menu makanan yang wjaib dipesan di Rendezvous ada Lumpia Udang Saos Tomat (Rp 135.000). Seporsi lumpia udang disajikan dengan saos tomat kental yang asam segar. Begitu juga dengan isian lumpia yang menggunakan daging udang melimpah.

Disusul dengan menu Nasi Goreng Kepiting (Rp 100.000) yang direkomendasikan banyak orang. Isian daging kepitingnya tidak pelit sama sekali, ditambah rasa smokey dari osengan nasi.

Terakhir jangan lewatkan menu Mie Goreng Sapi (Rp 100.000) menggunakan mie karet yang kenyal. Rasa bumbu dari tiram dan kecap ikan asinya berhasil membuat hidangan sederhana menjadi spesial.

4. Langganan Presiden Soeharto dan Politisi Ternama

Di setiap sudut restoran ada banyak foto politisi dan pejabat yang mampir makan di sana. Mulai dari Anies Baswedan, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), Presiden Jokowi dan tentunya mendiang Presiden Soeharto.

“Pak Lukman sudah meninggal tahun 2021, tapi memang sejak dulu beliau cerita bahwa banyak politisi hingga presiden yang jadi langganan di sini. Paling berbekas di ingatan kita itu mendiang Presiden Soeharto, dulu kalau pesan makanan untuk jamu tamu di Cendana bisa sampai 30 porsi. Makanan yang dipesan bermacam-macam ada lomie, mie goreng, dan sebagainya,” ungkap Pak Johan.

Kebiasaan memesan makanan di Rendezvous ternyata dilanjutkan oleh sang putra, yaitu Tommy Soeharto yang sampai sekarang masih sering pesan makanan.

Walau restoran Rendezvous sempat mengalami kebakaran beberapa bulan lalu, tapi Pak Johan optimis untuk terus melanjutkan usaha milik keluarganya ini hingga puluhan tahun lagi.

Setiap harinya restoran Rendezvous buka sejak pukul 10.30 hingga 21.00. Semua menu makanan di sini sudah bisa dipesan lewat aplikasi ojek online.

Baca Juga : Inilah 4 Cara Download Story WA dengan atau Tanpa Aplikasi

(sob/adr)

Editor : Jasver Javier