Boomnews.id

Situs Berita Terkini

5 Makanan Buat Dongkrak Energi Pagi-pagi

Kopi jadi salah satu menu makan yang bisa meningkatkan energi. (Foto: Ilustrasi iStock)

Jakarta – Pilihan menu makan di pagi hari bisa mempengaruhi energi sepanjang hari. Di antaranya, berkenaan dengan kadar dopamine, yang juga dipengaruhi oleh asupan makanan. Sebab, kuurangnya dopamin dalam tubuh menyebabkan demotivasi, kelelahan, sedih, bahkan depresi.

Menurut beberapa penelitian termasuk yang diterbitkan dalam jurnal Nature Reviews Neuroscience, dopamin bekerja sebagai hormon dan neurotransmitter kimiawi dalam tubuh yang bisa menciptakan perasaan senang dan membantu seseorang tetap bahagia.

Olahraga yang tepat dan konsumsi makanan penambah dopamin secara alami dapat mengembalikan semangat menjalani hari. Dikutip dari Healtshots, berikut beberapa makanan penambah dopamin yang membantu menjalani aktivitas dengan lebih bahagia dan berenergi.

Baca Juga : 5 Fast Food Ini Jadi Tempat Nongkrong Anak Gaul Jaksel Era Tahun 80-an

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Untuk memperoleh dopamin, tubuh perlu memecah asam amino yang dikenal sebagai tirosin. Kandungan tirosin banyak ditemui di kacang-kacangan seperti almond dan walnut, serta biji-bijian.

2. Produk susu

Pada dasarnya semua produk susu merupakan sumber tirosin yang baik. Mengkonsumsi produk susu seperti keju, susu, dan yogurt menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan produksi dopamin.

3. Stroberi

Salah satu penelitian yang diterbitkan jurnal Neural Regeneration Research menjelaskan bahwa stroberi dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin.

Baca Juga : Manis dan Segar Es Oyen Kepu Sejak 1960 di Kemayoran

4. Cokelat

Selain menghasilkan hormon serotonin yang menciptakan rasa nyaman di dalam tubuh, cokelat juga mengandung sejumlah kecil senyawa yang disebut phenylethylamine. Senyawa inilah yang merangsang sel-sel otak untuk melepaskan dopamin.

5. Kopi

Menurut penelitian dalam jurnal Translational Psychiatry, kafein yang ada pada kopi membuat otak waspada dan meningkatkan produksi dopamin.

Inilah mengapa seseorang cenderung lebih terjaga dan fokus setelah meminum minuman yang berkafein.

Baca Juga : 7 Makanan untuk Membersihkan Darah Kotor, Bantu Cegah Berbagai Macam Penyakit

(vyp/vyp)

Editor : Jasver Javier