Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Bagaimana Awal Mula Konflik Israel Palestina? Simak Ulasan Singkatnya

Jakarta – Konflik Israel-Palestina adalah konflik militer dan politik yang sedang Lama berlangsung Mulai dari abad ke-19 hingga pada abad ke-21. Konflik ini merupakan salah satu konflik terpanjang Didunia yang masih berlangsung Sampai Saat Ini. 

Sudah Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelesaikan konflik sebagai bagian dari proses perdamaian Israel-Palestina,dimana upaya perdamaian ini juga Banyak Dilakukakan Beberapa Negara yang Bertujuan untuk Memfasilitasi Perdamaian Antara Kedua Belah Pihak,Aantara Israel-Palestina.

Akar Masalah utama dari konflik ini mencakup Soal status kepemilikan Yerusalem, pemukiman Israel, perbatasan, keamanan dan hak atas air serta kebebasan Palestina dan hak kembali Palestina. 

Beberapa upaya perdamaian menyarankan solusi pembentukan dua negara, yang menyerukan pembentukan negara Palestina merdeka dari Israel dimana solusi ini dulunya banyak didukung oleh bangsa Yahudi. Namun Belakangan, dukungan publik terhadap solusi dua negara yang sebelumnya mendapat dukungan dari warga Yahudi Israel dan Palestina, telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga : Warga Israel Unjuk Rasa Depan Kediaman Netanyahu di Tengah Seruan Mundur dari PM

Sejarah

Sejarah dimulainya konflik Israel-Palestina berawal pada akhir abad ke-19, ketika Zionis berusaha mendirikan tanah air bagi orang-orang Yahudi di Palestina yang saat itu masih dikuasai oleh Ottoman, dimana saat itu diadakan sebuah deklarasi Balfour pada tahun 1917 yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris, untuk mendukung gagasan tanah air Yahudi di Palestina. Hal ini menyebabkan masuknya imigran Yahudi ke wilayah tersebut setelah Perang Dunia II dan Holocaust. Pada Saat itu dukungan secara internasional meningkat untuk pembentukan negara Yahudi di Palestina, yang mengarah pada pembentukan Israel pada tahun 1948.

Pembentukan Israel Menyebabkan Konflik dan Terjadi perang yang menyebabkan ratusan ribu warga Palestina mengungsi dan menjadi pengungsi, sehingga memicu konflik selama puluhan tahun antara Israel dan rakyat Palestina. Rakyat Palestina berusaha untuk mendirikan negara merdeka mereka sendiri setidaknya di sebagian wilayah Palestina yang bersejarah. 

Namun, Pertahanan Israel atas perbatasannya sendiri, kendali atas Tepi Barat, blokade Mesir-Israel di Jalur Gaza, dan politik dalam negeri Palestina saat ini menjadikan tujuan ini tidak dapat dicapai.

Berbagai perundingan untuk upaya perdamaian telah dilakukan selama bertahun-tahun, namun perjanjian damai yang langgeng masih sulit dicapai Karena Banyak Kendala. Konflik tersebut ditandai dengan kekerasan, termasuk serangan teroris oleh militan Palestina dan operasi militer oleh Israel.

Editor : Jasver Javier