Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Apa Keuntungan Mobil Listrik Dibandingkan Dengan Bahan Bakar konvensional?

[President Joko Widodo’s official Facebook account]

Jakarta – Transisi menuju era elektrifikasi semakin digencarkan di berbagai negara. Di Indonesia sendiri sudah ada sejumlah kebijakan yang mendukung hal tersebut.

Infrastruktur pendukung seperti charging station terus dibangun agar mudah ditemukan masyarakat. Kemudian disediakan pula Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh terminal tipe A dan stasiun kereta api.`Infrastruktur pendukung seperti charging station terus dibangun agar mudah ditemukan masyarakat. Kemudian disediakan pula Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh terminal tipe A dan stasiun kereta api.

keunggulan dari mobil listrik tentunya ramah lingkungan dan memiliki torsi instan. Namun, sampai saat ini belum banyak tempat pengecasan umum yang bisa ditemui. Industri otomotif Indonesia sedang menjalani peralihan dari kendaraan bermesin pembakaran internal menuju teknologi elektrifikasi atau yang jamak dikenal sebagai mobil listrik.

Lalu apa saja keuntungan mobil listrik dibandingkan dengan bahan bakar konvesional, berikut penjelasannya dikutip dari berbagai sumber

  1. Ramah Lingkungan: Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang yang merusak lingkungan. Mereka beroperasi dengan tenaga listrik, sehingga mengurangi polusi udara dan dampak pemanasan global.
  2. Biaya Operasional Lebih Rendah: Meskipun harga awal mobil listrik mungkin lebih tinggi, biaya operasionalnya jauh lebih murah. Listrik biasanya lebih murah daripada bahan bakar fosil, dan mobil listrik memerlukan sedikit perawatan.
  3. Kenyamanan dan Kinerja: Mobil listrik memiliki torsi yang lebih tinggi sejak awal, memberikan akselerasi yang lebih baik. Selain itu, mereka lebih tenang dan memiliki sistem suspensi yang nyaman.
  4. Ketersediaan Energi: Listrik lebih mudah ditemukan daripada bahan bakar fosil. Anda dapat mengisi daya mobil listrik di rumah, di tempat kerja, atau di stasiun pengisian umum.
  5. Dukungan Pemerintah: Banyak negara memberikan insentif dan subsidi untuk pembelian mobil listrik. Ini termasuk pembebasan pajak, akses jalur khusus, dan bantuan finansial.
  6. Inovasi Teknologi: Mobil listrik terus mengalami perkembangan teknologi. Baterai semakin efisien, jangkauan semakin luas, dan fitur-fitur canggih semakin banyak.
  7. Kesehatan Pribadi: Mengurangi polusi udara juga berdampak positif pada kesehatan kita. Udara bersih mengurangi risiko penyakit pernapasan dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, masih ada beberapa tantangan yang harus bisa diselesaikan agar peminatnya makin banyak. Hal tersebut utamanya soal harga jual dan ketersediaan tempat pengisian daya agar pengguna tak perlu merasa was-was saat berpergian.

Bagimana? Tertarik untuk beralih ke mobil listrik?

Editor : Jasver Javier