Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Terowongan Misterius Hamas di Gaza, Dalamnya Sampai 70 Meter Panjang 500 kilometer

Salah satu terowongan bawah tanah yang dibangun Hamas di Gaza. Foto: REUTERS/Amir Cohen/Files

Jakarta – Hamas mengklaim panjang total terowongan itu 500 kilometer walaupun belum diketahui apakah akurat atau tidak. Adapun rekor terdalam terowongan itu sejauh ini adalah 70 meter dengan fasilitas dan teknologi yang memadai.

Menurut Bradley Bowman, direktur Center on Military and Political Power at the Foundation for Defense of Democracies, Israel mahir mendeteksi terowongan yang melintasi perbatasannya, tapi sistem terowongan yang luas di Gaza akan menghadirkan tantangan serius.

“Terowongan ini memungkinkan beberapa pejuang Hamas bertahan dari pemboman, bergerak di sekitar Gaza secara sembunyi-sembunyi, memasok pasukan, menyembunyikan sandera dan melakukan serangan mendadak,” kata Bowman.

Meski cukup misterius, sebagian detail terowongan itu sudah diketahui. Sebagian besar terowongan di Gaza diperkuat beton dan beberapa di antaranya sangat dalam, melindungi militan Hamas dari serangan udara. Tahun 2020, Israel menemukan satu terowongan sedalam 70 meter.

“Anggota unit militer Yahalom mengatakan terowongan dari bagian selatan Jalur Gaza turun hingga 70 meter di bawah permukaan bumi,” tulis media Israel saat itu.

Sistem terowongan ini dilengkapi kabel untuk listrik dan komunikasi. Menurut Bowman, jalurnya cukup lebar untuk menampung dua orang secara berdampingan, serta memindahkan peralatan, amunisi dan pasukan.

Terowongan rata-rata tingginya sekitar 2 meter dan lebarnya sekitar 0,3 meter. Diyakini, di sana pula Hamas menyembunyikan sandera.

Dikutip dari ABC, terowongan itu pun akan menjadi bagian penting dalam strategi gerilya Hamas. “Pejuangnya akan membentuk tim pemburu-pembunuh kecil yang bergerak di bawah tanah, muncul, menyerang, dan kembali dengan cepat ke dalam terowongan,” cetus John Spencer dari Modern War Institute at West Point.

Militer Israel mengaku kesulitan menjinakkan terowongan itu. “Ini bukan upaya mudah karena Hamas telah menempatkan dirinya di dalam dan di bawah Jalur Gaza,” kata Letkol Jonathan Conricus. Menurutnya, terowongan tersebut secara strategis berada di bawah infrastruktur sipil di seluruh Jalur Gaza.

Editor : Jasver Javier