Boomnews.id

Situs Berita Terkini

100 Mahasiswa Masuk IGD Gegara Keracunan Makanan di Asrama

Foto: Duvar English

Jakarta – Tempat tinggal yang nyaman hingga makanan yang layak dan sehat menjadi syarat sebuah asrama harus melayani mahasiswanya. Secara berkala berbagai pemeriksaan dan kebersihan wajib dilakukan untuk memastikan para mahasiswa hidup dengan bersih dan sehat.

Selain tempat tinggal yang nyaman, asrama seharusnya sediakan makanan yang enak dan sehat. Sayangnya keracunan massal justru dialami ratusan mahasiswa di sini.

Beberapa tempat pendidikan menyediakan asrama yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal sementara bagi para mahasiswa. Mahasiswa yang merantau untuk sekolah hingga mereka yang kurang mampu biasanya akan mendapat keringanan dan ditampung pada asrama yang telah disiapkan di sekolah.

Laporan mengejutkan disampaikan dari sebuah asrama di Turki. Ada banyak mahasiswa yang tinggal di sana mengalami keracunan usai makan makanan yang dihidangkan.

Duvar English (13/11) melaporkan lebih dari 100 mahasiswa dilarikan ke rumah sakit usai menyantap makan malam. Mahasiswa tersebut tercatat sebagai penghuni asrama yang difasilitasi oleh Student Loans and Dormitories Institution.

Asrama yang berlokasi di provinsi Mediterranean Isparta, Turki, mengatakan ada beberapa gejala makanan yang dikeluhkan oleh mahasiswanya. Sebagian dari mereka mengalami mual, sakit perut, hingga diare yang sedang. Menurut pihak asrama, terakhir kali makanan yang disajikan di sana adalah menu olahan ayam.

Malam itu kantin asrama memang ramai dipenuhi mahasiswa yang makan malam dengan antusias tanpa ada gejala sama sekali beberapa saat setelah makan. Beberapa jam setelahnya, sekitar 20.30 waktu setempat baru ada keluhan satu per satu yang dilaporkan mahasiswa.

Pihak asrama yang sigap langsung memanggil ambulans untuk membawa anak-anak yang sakit. satu per satu ambulans silih berganti mengangkut pasien-pasien dengan gejala keracunan makanan tersebut.

Setibanya di rumah sakit semua mahasiswa yang mengeluh kesakitan langsung masuk pada ruangan Unit Gawat Darurat. Akibat insiden tersebut pihak pemerintah yang berwajib langsung melakukan inspeksi mendadak pada seluruh area asrama.

Mulai dari kebersihan dapur kantin, area makan di kantin, hingga sampel makanan juga dibawa ke laboratorium untuk dicermati. Setelah mendapatkan perawatan beberapa waktu dan kondisinya mulai pulih, mahasiswa penghuni asrama mulai dikirim pulang ke asramanya masing-masing.

Konon ini bukan kali pertama kejadian keracunan massal di asrama di Turki, banyak mahasiswa yang sudah mengeluhkan minimnya kualitas kebersihan dan kesehatan di tempat tinggal mereka. Bahkan berbagai laporan atas terbengkalainya suatu asrama tengah menjadi sorotan pemerintah sejak pertengahan tahun ini.

Editor : Jasver Javier