Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Hamas dan Israel Menyetujui Perpanjang Gencatan Senjata Selama 2 Hari

Tentara Israel memindahkan warga Palestina yang ditahan keluar dari Jalur Gaza pada 21 November 2023. (Menahem KAHANA / AFP)

Jakarta – Israel dan Hamas mencapai kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata selama dua hari, sebagai tambahan dari empat hari.

Qatar yang merupakan mediator dari keduanya mengumumkan perjanjian tersebut, yang dianggap akan meringankan beban ratusan ribu warga Palestina yang terlantar di Jalur Gaza.

“Kesepakatan telah dicapai untuk memperpanjang jeda kemanusiaan selama dua hari tambahan di Jalur Gaza,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

Dikutip dari laporan jaringan berita Al Jazeera sejauh ini belum ada komentar langsung dari Israel, namun seorang pejabat Gedung Putih mengonfirmasi bahwa kesepakatan telah tercapai.

Gedung Putih mengatakan akan membebaskan 20 sandera tambahan yang ditahan oleh Hamas, sementara pihak militer Israel mengatakan 11 sandera telah diserahkan ke Palang Merah di Gaza dan sudah tiba di Israel.

Sementara itu, dalam pertemuan di Spanyol, negara-negara Arab dan Eropa menyepakati perlunya solusi dua negara bagi Israel dan Palestina.

Editor : Jasver Javier