Boomnews.id

Situs Berita Terkini

ELSAM Berharap KSAD Jenderal Maruli Prioritaskan Pembebasan Pilot Susi Air

Amiruddin Al Rahab (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta – Wakil Ketua Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) Amiruddin Al Rahab mengapresiasi pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak. Amiruddin memberikan catatan terkait penanganan kondisi di Papua.

“Mengapresiasi pelantikan KSAD baru. Namun memberi catatan, yang harus segera menjadi perhatian KSAD yaitu situasi di Papua,” kata Amiruddin dalam keterangan, Rabu (29/11/2023).

Amiruddin mengatakan anggota TNI dan masyarakat kerap menjadi korban kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Dia meminta Maruli melakukan evaluasi akan hal itu.

“Pertama adalah kerapnya anggota TNI dan masyarakat menjadi korban kelompok bersenjata di Papua. Untuk gejala itu, KSAD perlu melakukan evaluasi gelar anggota dan pola operasi di Papua dalam rangka mencegah atau meminimalkan jatuhnya korban,” tutur dia.

Wakil Ketua Komnas HAM periode 2017-2022 itu juga meminta pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera KKB. Dia berharap Maruli bekerja sama dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto untuk pembebasan.

“Kedua, KSAD perlu memprioritaskan pembebasan pilot Susi Air. Karena sudah 9 bulan disandera. Karena Panglima juga dari AD, tentu itu akan menjadi faktor yang akan mudah berkoordinasi,” jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya melantik Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Maruli menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang baru saja menjadi Panglima TNI.

Editor : Jasver Javier