Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Menkeu Sri Mulyani Siapkan Rp 40 T buat Kebut Pembangunan IKN Tahun 2024

Ilustrasi IKN Nusantara - Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta – Anggaran belanja infrastruktur masih akan menjadi salah satu belanja besar pemerintah tahun depan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan salah satu yang dialokasikan adalah anggaran untuk mengebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Di tahun politik 2024, Sri Mulyani memaparkan akan ada anggaran sebesar Rp 40,6 triliun untuk pembangunan infrastruktur dasar di IKN.

Mulai dari peruntukkan pembangunan jalan tol, pembangunan kantor kementerian dan rumah susun ASN di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP), rumah tapak pejabat negara, hingga infrastruktur ketenagalistrikan.

“IKN akan dialokasikan untuk tahun 2024 sebesar Rp 40,6 triliun,” ujar Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu secara luas anggaran untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia tahun depan mencapai Rp 423 triliun.

“Rp 423 triliun ini terutama untuk infrastruktur prioritas nasional. Seperti ICT, energi, pangan, dan konektivitas, dan pembangunan infrastruktur di IKN,” sebut Sri Mulyani.

Anggaran pembangunan IKN untuk tahun ini sendiri ditetapkan sebesar Rp 29,3 triliun. Anggaran digunakan untuk dua hal, untuk urusan pembangunan infrastruktur dasar Rp 26,3 triliun.

Sisanya, Rp 3 triliun untuk urusan non infrastruktur. Seperti untuk perencanaan bangunan, pemetaan lahan, pengamanan, dan lain sebagainya.

(hal/kil)

Editor : Jasver Javier