Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Jeda Pertempuran Berakhir, Israel Kembali Perangi Hamas di Gaza

Kepulan asap terlihat di Gaza setelah Israel melancarkan gempuran pada 22 November 2023. (Getty Images)

Jakarta – Militer Israel menyatakan telah melanjutkan pertempuran dengan Hamas di Gaza, pada Jumat (1/12).

Sesaat sebelum jeda pertempuran berakhir, Israel mengeklaim pihaknya menembak jatuh sebuah roket yang dilesatkan dari Gaza.

“Hamas melanggar jeda operasional, dan terlebih lagi, melepaskan tembakan ke arah wilayah Israel. IDF telah melanjutkan pertempuran melawan organisasi teroris Hamas di Jalur Gaza.”

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan jet tempurnya saat ini menyerang sasaran Hamas di Jalur Gaza.

Mengutip media yang berafiliasi dengan Hamas, kantor berita Reuters dan Al Jazeera melaporkan bahwa ledakan dan tembakan terdengar di bagian utara Jalur Gaza, khususnya di barat laut Kota Gaza.

“Insiden ini bertepatan dengan melayangnya drone militer Israel dan jet tempur di langit Jalur Gaza,” kata reporter Al Jazeera Tareq Abu Azzoum Azzoum, yang melaporkan dari Khan Younis di Gaza selatan.

Jeda pertempuran awalnya direncanakan berlangsung selama empat hari dan diperpanjang dua kali.

Hingga Kamis (30/11), sebanyak 110 sandera yang ditahan di Gaza telah dibebaskan sejak jeda pertempuran dimulai pada 24 November, sementara Israel telah membebaskan 240 tahanan Palestina.

Jeda pertempuran yang dimulai pada Jumat (24/11) silam menandai tonggak penting dalam pertikaian antara Israel dan Hamas yang telah berlangsung selama hampir dua bulan terakhir.

Sejak 7 Oktober, lebih dari 14.500 orang di Gaza tewas akibat serangan Israel, yang dipicu oleh serangan kelompok milisi Palestina, Hamas, terhadap Israel yang menyebabkan sekitar 1.200 orang terbunuh dan 240 lainnya disandera.

Berikut ini adalah sejumlah hal yang perlu Anda ketahui tentang jeda pertempuran antara Israel dan Hamas yang dimulai 24 November 2023.

Editor : Jasver Javier