Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Resmi! Budaya Sehat Jamu Indonesia Masuk Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Foto: Instagram nyimaslaula via voguemagazine

Jakarta – Jamu Indonesia resmi masuk Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO. Total Indonesia telah mencatatkan 13 Warisan Budaya Takbenda di UNESCO.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO yang telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Penetapan ini akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global,” kata Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan secara online dalam forum sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana demikian disampaikan dalam rilis Kemendikbud, Rabu (6/12/2023).

Budaya Sehat Jamu (Jamu Wellness Culture) ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO dilakukan dalam forum UNESCO itu hari ini pukul 16.30 WIB. Budaya Sehat Jamu resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari Indonesia ke-13 yang diinskripsi ke dalam daftar WBTb UNESCO.

“Sebagai salah satu warisan budaya kita, jamu mewakili hubungan yang mendalam, bermakna, dan harmonis antara manusia dengan alam. Jamu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad,” imbuh Nadiem.

Menteri Nadiem menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap upaya pelestarian jamu sebagai budaya untuk kesehatan yang dilakukan berbagai pihak sejak lama. Terima kasih ini kepada segenap masyarakat Indonesia yang membentuk ekosistem budaya kesehatan jamu.

“Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri, produsen, para peramu dan peracik, penjual, peneliti, komunitas, pengusaha, serta penikmat khasiat jamu yang telah bersama-sama menghidupkan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti saat ini,” tuturnya.

Dengan demikian sudah ada 13 warisan budaya Indonesia masuk daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sebagai berikut:

1. Wayang (2008)
2. Keris (2008)
3. Batik (2009)
4. Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009)
5. Angklung (2010)
6. Tari Saman (2011)
7. Noken (2012)
8. Tiga Genre Tari Bali (2015)
9. Kapal Pinisi (2017)
10. Tradisi Pencak Silat (2019)
11. Pantun (2020)
12. Gamelan (2021)
13. Jamu (2023)

Editor : Jasver Javier