Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Transaksi QRIS Tembus 1,6 Miliar, Lampaui Target 2023

Ilustrasi QRIS / Bi.go.id

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat volume transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sepanjang 2023 sampai Oktober tembus 1,6 miliar. Angka tersebut melampaui target sepanjang tahun yakni 1 miliar transaksi.

“Kalau kita lihat transaksi sepanjang tahun 2023 saja itu jumlah volume transaksinya sudah mencapai lebih dari 1,6 miliar transaksi. Jadi target tahun ini 1 miliar transaksi itu 4 bulan sebelum akhir tahun 2023 di bulan Agustus itu sudah tercapai target transaksi QRIS,” kata Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Fitria Irmi Triswati, dalam sosialisasi QRIS Tuntas secara virtual, Jumat (8/12/2023).

Kemudian jumlah pengguna QRIS telah mencapai 43,44 juta. Ia meyakini pada akhir tahun akan mencapai target 45 juta pengguna QRIS.

“Tinggal sedikit lagi sampai nanti di akhir Desember insya Allah akan tercapai target QRIS yang 45 juta,” tutur Fitria.

Kemudian menurutnya implementasi QRIS ini telah membantu banyak pelaku usaha. Karena dalam datanya, pedagang yang menyediakan layanan QRIS telah mencapai 29,63 juta. Ia menyebut 92% adalah UMKM.

“Jumlah pedagang menggunakan QRIS yang bisa memfasilitasi pembayaran dengan QRIS itu sudah berjumlah 29,63 juta dan di sinilah letak inklusinya. Sebenarnya 29,63 juta itu kalau kita lihat itu 92%-nya adalah UMKM,” terangnya.

Editor : Jasver Javier