Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Kejadian Yang Langka, Wanita di AS Lahirkan Dua Bayi Kembar dari Rahim Berbeda

Ilustrasi wanita dirawat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Jakarta – Kejadian langka, wanita di Amerika Serikat memiliki rahim ganda. Ibu berusia 32 tahun itu berhasil melahirkan kedua anaknya, dalam dua hari.

Kasus Kelsey Hatcher dinilai merupakan keajaiban. Sontak, banyak orang yang melabeli dua bayi kembar tersebut sebagai bayi ajaib, keduanya lahir di Rumah Sakit Universitas Alabama di Birmingham (UAB) tepat sebelum Natal.

Keduanya berjenis kelamin perempuan. Dokter kandungan yang menangani proses persalinan Kelsey menyatakan sang ibu maupun kedua anaknya kini dalam kondisi sehat.

Sebelumnya, Kelsey Katcher baru mengetahui memiliki dua rahim di usia 17 tahun, disebut sebagai uterus didelphys. Kelainan bawaan langka ini bahkan hanya terjadi pada 0,3 persen wanita di dunia.

Kejadian langka kedua adalah fakta bahwa dirinya berhasil melahirkan dari kedua rahim tersebut, yang hanya terjadi pada satu kasus dari sejuta orang di dunia.

Misalnya, di 2019, seorang dokter di Bangladesh mengatakan seorang wanita melahirkan anak kembar hampir sebulan setelah melahirkan bayi prematur di rahimnya yang lain.

Sementara pada kasus Kelsey Hatcher, dirinya percaya bahwa hanya hamil dalam satu rahim sebelumnya, sampai hasil USG rutin menunjukkan ada bayi lain rahim kedua.

“Saya terkejut. Kami tidak dapat mempercayainya,” kenangnya.

Bayi pertama, Roxi, lahir secara normal sekitar pukul 19:45 waktu setempat pada 19 Desember. Bayi kedua, bernama Rebel melalui operasi caesar lebih dari 10 jam kemudian.

Prof Davis mengatakan anak perempuan tersebut bisa disebut kembar fraternal, sebuah istilah yang digunakan ketika bayi kembar berkembang dari sel telur terpisah, masing-masing dibuahi oleh sperma terpisah.

“Pada akhirnya, ada dua bayi dalam satu perut pada saat yang bersamaan,” katanya.

Editor : Jasver Javier