Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Pelatih Timnas Irak Kecam Wasit yang Berikan Kartu Merah Aymen Hussen Usai Selebrasi

Foto: REUTERS/THAIER AL-SUDANI

Doha – Pelatih Irak, Jesus Casas, yang mengkartu merah Aymen Hussein akibat selebrasi. Ia pun menilai kartu merah ini jadi biang keladi kekalahan Irak dari Yordania.

Irak tersingkir dengan menyesakkan dari Piala Asia 2023. Hal itu terjadi usai mereka kalah 2-3 dari Yordania di babak 16 besar yang digelar di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Yordania unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Yazan Al-Naimat. Irak menyamakan kedudukan di menit ke-68 lewat gol Saad Natiq. Singa Mesopotamia berbalik unggul 2-1 delapan menit berselang lewat tembakan Aymen Hussein.

Namun, gol Hussein ini bisa dibilang awal dari petaka Irak. Ia melakukan selebrasi duduk seolah-olah sedang makan. Selebrasi tampaknya jadi balasan dari selebrasi gol Jordania yang melakukan hal serupa saat gol pertama.

Hussein kemudian mendapat kartu kuning akibat tindakan tersebut. Sebelumnya telah menerima kartu kuning yang artinya harus keluar lapangan karena kartu merah.

Unggul jumlah pemain, Yordania terus mengurung Irak. Hasilnya mereka mencetak dua gol di akhir laga untuk comeback memenangkan laga. Gol lahir lewat Yazan Al-Arab dan Nizar Al-Rashdan.

Pelatih Irak, Jesus Casas, mengakui bahwa kartu merah Ayman Hussein mengubah jalannya laga. . Ia mengecam turut keputusan wasit yang menurutnya berlebihan memberikan kartu akibat pemain selebrasi. Pria asal Spanyol ini juga menilai wasit tak adil karena pemain Yordania tak mendapat kartu meski melakukan hal serupa.

“Kartu merah mengubah jalannya pertandingan. Di turnamen besar mana pun, pemain selalu merayakan golnya. Wasit tidak bisa memberikan kartu merah untuk ini,” ujar Casas dikutip dari Dailystar.

“Kami semua melihat Yordania melakukan selebrasi dengan cara yang sama dan tidak ada kartu yang diberikan. Waktu kartu merah menghalangi kami untuk melakukan pergantian pemain bertahan karena kami telah melakukan perubahan,” jelasnya.

Editor : Jasver Javier