Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Piala Asia 2023: Jepang Tersingkir, Korea Selatan Jadi Unggulan Juara

Timnas Korea Selatan unggulan juara di Piala Asia 2023. (Foto: Getty Images/Robert Cianflone)

Jakarta – Timnas Jepang sudah tersingkir dari Piala Asia 2023. Kini, Timnas Korea Selatan menjadi unggulan juara pesta sepakbola negara-negara benua Kuning.

Jepang dikalahkan Iran dalam laga perempatfinal Piala Asia 2023 pada pekan lalu. Samurai Biru unggul lebih dulu berkat gol Hidemasa Morita, dibalas oleh Iran via Mohammad Mohebi dan Alireza Jahanbakhsh.

Selain Iran, Qatar, Yordania, dan Korea Selatan yang menjadi semifinalis lain di Piala Asia 2023. Perubahan susunan unggulan terjadi usai kekalahan Jepang.

Opta mengeluarkan prediksi dengan supercomputer. Hasilnya, Korea Selatan menjadi unggulan dengan persentase juara sebesar 33,4 persen.

Iran, tim penakluk Jepang, ada di posisi kedua daftar unggulan versi Opta. Team Melii mempunyai persentase juara sebesar 30,4 persen.

Tim tuan rumah, Qatar, menjadi unggulan ketiga dengan catatan 27,2 persen. Sementara Yordania menjadi underdog dengan peluang juara 8,9 persen.

Korea Selatan sudah lama tak menjuarai Piala Asia. Terakhir kali mereka mengangkat piala pada ajang ini pada edisi 1960. Taeguk Warrior sudah pernah menjadi juara dua kali.

Di semifinal Piala Asia 2023, Korea Selatan akan melawan Yordania. Pertandingan keduanya akan berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Selasa (6/2/2024) malam pukul 22.00 WIB.

Editor : Jasver Javier