Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Ini 5 Cara Sederhana Tingkatkan Imun Tubuh Saat Sedang Sakit di Musim Hujan

Ilustrasi (schantalao)

Jakarta – Musim hujan memang identik dengan munculnya beberapa jenis penyakit, dari mulai flu, diare, hingga demam.

Walau sakit sebenarnya bisa terjadi kapan saja, tapi musim hujan menjadi waktu yang paling rentan untuk jatuh sakit.

Dikutip dari HaloDoc ternyata penyakit banyak menyerang saat musim hujan, kerena daya tahan tubuh yang melemah.

Suhu dingin pada musim hujan membuat sistem imun tubuh menurun hingga membuat penyakit mudah datang.

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik selama musim hujan juga jadi salah satu penyebab, lo.

Karena itu, kali ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk meningkatkan imun tubuh selama musim hujan.

Dengan imun tubuh yang baik, beragam jenis penyakit tidak akan mudah menyerang teman-teman.

1. Banyak Makan Sayur dan Buah

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengubah pola makan dengan memperbanyak sayur dan buah.

Dikutip dari HaloDoc, makan makanan nabati seperti sayur dan buah bisa membantu menjaga imun tubuh berfungsi dengan baik.

Pada sayur dan buah terdapat kandungan vitamin dan mineral yang bisa membantu imun dan organ tubuh bekerja dengan baik.

Jenis sayur dan buah dengan warna cerah juga baik dimakan karena punya kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas perusak sel imun tubuh.

2. Rutin Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menurunkan risiko beberapa jenis penyakit, dari obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Jadi, sempatkan beberapa waktu setiap hari untuk berolahraga ringan seperti joging atau bersepeda.

Bila cuaca hujan, teman-teman tetap bisa olahraga di dalam ruangan dengan cara yoga, atau peregangan sederhana.

3. Tidur Cukup dan Berkualitas

Sistem imun tubuh bisa dijaga dengan baik dengan cara tidur yang cukup dan berkualitas.

Tidur adalah cara penyembuhan alami dan regenerasi yang dilakukan tubuh kita sendiri.

Karena itu tidur cukup dan berkualitas akan membantu meningkatkan imun tubuh dan mengembalikan kebugaran tubuh kita.

Tidur yang cukup juga bisa membuat fungsi organ tubuh termasuk otak bekerja dengan maksimal.

4. Mengurangi Konsumsi Gula

Mengurangi konsumsi gula bukan hanya mencegah terjadinya diabetes, tapi juga menjadi cara meningkatkan imun tubuh.

Saat tubuh terlalu banyak mendapat asupan gula maka akan terjadi peningkatan protein penyebab inflamasi yang kemudian menurunkan sistem imun.

Dengan begitu, tubuh akan lebih rentan terkena serangan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Tidur yang cukup juga bisa membuat fungsi organ tubuh termasuk otak bekerja dengan maksimal, lo.

4. Mengurangi Konsumsi Gula

Kalau teman-teman termasuk suka makanan manis, baiknya kurangi bila tidak ingin mudah sakit selama musim hujan.

Mengurangi konsumsi gula bukan hanya mencegah terjadinya diabetes, tapi juga menjadi cara meningkatkan imun tubuh.

Saat tubuh terlalu banyak mendapat asupan gula maka akan terjadi peningkatan protein penyebab inflamasi yang kemudian menurunkan sistem imun.

Dengan begitu, tubuh akan lebih rentan terkena serangan virus atau bakteri penyebab penyakit.

5. Minum Cukup Air

Pada dasarnya, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Jadi, saat kekurangan air maka akan ada banyak masalah yang muncul.

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membuat kita merasa nyeri kepala, kurang fokus, mudah lelah, yang kemudian menurunkan imun.

Jadi, pastikan teman-teman selalu mengonsumsi cukup air dengan jumlah kurang lebih dua liter setiap harinya.

Jumlah itu bisa dibagi menjadi beberapa gelas saat bangun tidur, pagi hari, siang, hingga malam sebelum tidur.

Editor : Jasver Javier