Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Berikut Tips Agar Tetap Sehat saat Merayakan Imlek

Ilustrasi hidangan Imlek. (Angela Roma / Pexels.com)

Jakarta – Hidangan Imlek memang meningkatkan selera makan, cita rasa yang membuat ingin menambah porsi, aroma yang wangi, sampai rasa yang menggugah selera makan. Namun jangan lupa tetap jaga asupan gula dan atur porsi makan agar tetap sehat saat merayakan Tahun Baru Imlek 2024.

“Kurangi porsi makan atau lakukan diet sebelum Imlek, minumlah air putih sebelum makan agar terasa kenyang sehingga keinginan makan banyak berkurang,” kata Head of Department Underwriting Sequis, dr. Fridolon Seto Pandu.

Perayaan Tahun Baru Imlek juga identik dengan makanan manis seperti kue keranjang, kue mangkuk, dan lapis legit. Menurut Seto, orang bisa mengonsumsi makanan manis saat perayaan Imlek selama tidak berlebihan. 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan risiko penyakit seperti serangan jantung, asam urat, dan obesitas.

Jaga tubuh agar tetap fit

Agar tubuh tetap sehat dan bugar saat merayakan Tahun Baru Imlek, disarankan untuk tetap aktif bergerak. Terlalu lama duduk bisa membuat tubuh menjadi malas dan mengganggu postur tubuh.

“Sebelum Hari Raya Imlek, siapkan tubuh agar tetap fit dengan berolahraga. Bahkan, sebaiknya rutin melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan energi,” imbaunya.

Seto menyarankan lakukan olahraga minimal 150 menit per minggu supaya detak jantung dan aliran darah terjaga atau juga bisa rutin berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Hari Raya Imlek biasanya disiapkan sejak jauh-jauh hari, mulai dari bersih-bersih rumah dan kuil, membuat dekorasi, sampai membuat hidangan Imlek. Aktivitas itu juga menguras tenaga dan bisa membuat kelelahan.

Terakhir, ia mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama merayakan Imlek seperti mencuci tangan, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menggunakan masker saat berada di kerumunan.

Editor : Jasver Javier