Boomnews.id

Situs Berita Terkini

5 Jus untuk Daya Tahan Tubuh, Bisa Tingkatkan Imun

Ilustrasi jus jeruk, minuman pantangan saat asam urat tinggi termasuk jus jeruk() (shutterstock/Anna Pustynnikova)

Jakarta – Kamu dapat mengonsumsi jus dari campuran buah dan sayuran  Jus ini bisa dapat dikonsumsi saat sehat ataupun saat sakit sekalipun. Berikut beberapa pilihan buah dan sayur yang bisa diolah menjadi jus dilansir dari laman Healthline.

Jus untuk tingkatkan imun

1. Jeruk dan anggur

Jus jeruk dan anggur dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin C pada tubuh anda. Seperti yang diketahui, vitamin C punya sifat antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari zat perusak tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan penyembuhan luka lebih lama, gangguan respon imun, dan ketidakmampuan melawan infeksi dengan baik.

2. Apel hijau, wortel, jeruk

Kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk dapat membantu tubuh untuk melindungi diri dan melawan infeksi. Apel dan jeruk bisa menyumbang vitamin C, sementara wortel menyumbang vitamin A.

Vitamin A pada wortel penting untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam proliferasi sel, kekebalan tubuh, dan produksi antibodi.

3. Bit, wortel, jahe, apel

Jus dari kombinasi buah bit, wortel, jahe, dan apel dapat membantu dalam sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala peradangan. Peradangan kerap terjadi karena respon imun terhadap infeksi yang berasal dari virus ataupun bakteri.

4. Tomat

Tomat mengandung vitamin B9 yang biasa dikenal dengan folat, dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Tomat juga mengandung magnesium yang bersifat antiflamasi.

Untuk memastikan jus tomat yang dikonsumsi tidak mengandung banyak bahan tambahan, sebaiknya buat jus tomat sendiri di rumah menggunakan tomat yang segar.

5. Kale, tomat, dan seledri

Kale merupakan campuran sayuran hijau yang bisa dibuat untuk jus, kali ini buatlah jus kale segar dengan campuran tomat dan seledri.

Seperti yang diketahui bahwa jus tomat kaya akan manfaat, di antaranya mengandung vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin K, dan potasium.

Editor : Jasver Javier