Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Ini 5 Buah Langka asal Indonesia yang Lezat dan Kaya Manfaat

ilustrasi (Shutterstock/tRufelka Elena)

Jakarta – Indonesia menyimpan aneka jenis buah-buahan. Tapi, ada beberapa buah yang sudah mulai jarang ada atau langka. Jadi, tidak semua orang akan menjumpai buah-buahan tersebut.

Kira-kira buah apa saja itu? Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Kamis (14/7/2022), ini 5 buah langka Indonesia yang lezat dan kaya manfaat.

Buah langka Indonesia

Buah Gandaria

Pohon gandaria yang ditetapkan sebagai flora identitas Provinsi Jawa Barat ini memiliki karakteristik seperti pohon mangga karena masih tergolong satu famili. Selain buahnya, biji buah dan daun gandaria banyakj memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti, melembapkan dan menutrisi kulit, memperlancar sistem pencernaan hingga membantu menurunkan berat badan.

Buah Ciplukan

Buah yang kecil ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Selain namanya yang unik, buah ini memiliki manfaat luar biasa, mulai dari daun, akar hingga buahnya. Untuk akar, ciplukan memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, akar dan batang ciplukan juga bisa mengobati diabetes melitus. Sedangkan buahnya bisa untuk mengobati gusi berdarah karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Buah Jamblang

Buah langka Indonesia lainnya ialah buah jamblang. Buah berwarna ungu kehitaman dan rasanya agak asam. Tapi, ada banyak manfaat dan khasiat dari buah ini. Seperti, meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan risiko anemia hingga sebagai pewarna alami untuk makanan.

Buah Dewandaru

Buah dewandaru memiliki banyak nama sesuai daerahnya, seperti blimbing londo, cerme asam. Buahnya yang berwarna merah mengandung banyak vitamin dan nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, B2, dan B3 sehingga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Kecapi

Sementara buah langka Indonesia lainnya ialah kecapi. Buah ini tumbuh subur di Asia Tenggara dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Buah kecapi berbentuk bulat, dengan daging berwarna putih (sekilas mirip manggis). Tidak hanya lezat, kecapi memiliki kandungan gizi beragam dan bermanfaat bagi kesehatan.

Bisa menurunkan kolesterol jahat, membantu mengatasi gangguan pencernaan hingga menurunkan berat badan.

Editor : Jasver Javier