Boomnews.id

Situs Berita Terkini

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Selandia Baru Bahas Pembebasan Pilot Disandera di Papua

Menlu RI Retno Lestari Priansari Marsudi (Instagram: @retno_marsudi)

Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Lestari Priansari Marsudi, melakukan pembicaraan telepon dengan rekannya Menlu Selandia Baru, Winston Peters. Mereka membahas pembebasan sandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau separatis di Papua, yakni pilot Susi Air asal Selandia Baru, Captain Philip Mark Mehrtens.

“Hari ini Ibu Menlu melakukan pembicaraan telepon dengan mitranya, Menlu Selandia Baru. Selain membahas berbagai aspek bilateral, juga membahas mengenai upaya pembebasan sandera Capt Philip,” kata Juru Bicara Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, dalam keterangan pers, Rabu (7/2/2024).

Upaya pembebasan Philip bakal dicoba dengan cara yang persuasif. Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta akan terus mendapatkan koordinasi dan informasi mengenai pembebasan Philip.

“Dalam pembicaraan tersebut Menlu Retno menyampaikan bahwa upaya pembebasan sandera masih terus dilakukan dengan menekankan upaya persuasif dan menjamin akses kekonsuleran bagi Kedubes Selandia Baru di Jakarta,” kata Lalu M Iqbal.

Diketahui, pilot Philip Mark Mehrtens disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Philip telah disandera oleh Egianus sejak 7 Februari 2023. Berarti, saat ini sudah setahun usai penyanderaan Philip.

Pemerintah dan aparat TNI-Polri terus berusaha melakukan proses pembebasan pilot asal Selandia Baru itu. Proses negosiasi pun melibatkan Pj Bupati Nduga Edison Gwijangge.

Editor : Jasver Javier