Boomnews.id

Portal Berita Terkini

Anugerah Pangkat Jenderal Kehormatan untuk Prabowo Jadi Sorotan Media Asing

Presiden Joko Widodo (tengah) membalas hormat dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. ANTARA FOTO

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahankan kenaikan pangkat istimewa untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dari pada hari ini, Rabu, 28 Februari 2024 disorot oleh dunia.

Salah satu media asing, Reuters turut memberitakannya dengan judul Indonesia Awards Presumed Next President Prabowo Rank of Four-Star General (Penghargaan Indonesia untuk calon presiden berikutnya Prabowo, berpangkat jenderal bintang empat).

Reuters menuliskan bahwa kenaikan pangkat itu menjadi puncak perubahan nama bagi Prabowo Subianto setelah puluhan tahun. Masa lalu Prabowo Subianto yang pernah diberhentikan dari militer pun disinggung dalam judul tersebut.

“Presiden Indonesia pada hari Rabu menganugerahkan pangkat jenderal kehormatan bintang empat kepada Prabowo Subianto, yang diduga sebagai penggantinya dan mantan komandan pasukan khusus. Beberapa dekade setelah ia (Prabowo) diberhentikan dari militer,” kata keterangan yang ditulis Reuters, Rabu, 28 Februari 2024.

“Seorang bintang militer yang sedang naik daun, namun dipecat dari militer pada tahun 1998 di tengah tuduhan bahwa ia terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur dan hilangnya 13 aktivis pro-demokrasi. Saat itu, ia menjabat sebagai Letnan Jenderal bintang tiga,” ujarnya melanjutkan.

Media tersebut menyebut bahwa Prabowo Subianto tak pernah mengakui tuduhan-tuduhan yang ditujukan kepadanya. “Mantan menantu mendiang diktator Suharto itu selalu membantah melakukan kesalahan. Namun, sebelumnya dilarang memasuki Amerika Serikat karena tuduhan tersebut. Dia tidak pernah menghadapi tuntutan,” ucapnya.