Boomnews.id

Portal Berita Terkini

Hamas Puji Tentara AS yang Tewas Bakar Diri Dalam Aksi Protes Meneriakkan “Free Palestina”

Gaza City – Kelompok Hamas memuji seorang tentara Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang tewas usai melakukan aksi bakar diri di luar Kedutaan Besar Israel di Washington DC untuk memprotes perang di Jalur Gaza.

Hamas menyebut tentara AS itu akan “tetap abadi” karena aksinya yang mengejutkan dalam memprotes perang di jalur gaza, yang didukung oleh Washington.

Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Rabu (28/2/2024), rekaman aksi bakar diri tentara AS tersebut beredar luas secara online, dan Hamas menyebut hal tersebut sebagai “ekspresi kemarahan yang semakin meningkat di kalangan rakyat Amerika” atas perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

“(Tentara AS itu) Akan tetap abadi dalam ingatan rakyat Palestina dan rakyat yang bebas di dunia, dan merupakan simbol semangat solidaritas kemanusiaan global terhadap rakyat kami dan tujuan mereka yang adil,” demikian pernyataan Hamas.

Dalam rekaman video pada Minggu (25/2) waktu setempat, tentara AS yang diidentifikasi bernama Aaron Bushnell, yang berusia 25 tahun dan seorang anggota aktif Angkatan Udara AS, mengatakan dirinya “tidak akan terlibat dalam genosida” sebelum menyiram dirinya dengan cairan.

Bushnell yang mengenakan seragam militer AS itu lalu membakar dirinya sendiri dan berulang kali meneriakkan “Free Palestine!” atau “Bebaskan Palestina!” hingga dia tumbang ke tanah.

Dia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Kematian Bushnell diumumkan pada Senin (26/2) waktu setempat.

Pentagon atau Departemen Pertahanan AS menyebut kematian Bushnell “sangat tragis” dan menyatakan pihaknya sedang menyelidiki lebih lanjut atas insiden tersebut.

“Ini jelas merupakan peristiwa yang tragis,” ucap juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Patrick Ryder saat berbicara kepada wartawan setempat. “Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga penerbang tersebut,” imbuhnya.