Boomnews.id

Portal Berita Terkini

TNI Berencana Menggelar 41 Operasi di Dalam Negeri Sepanjang Tahun 2024

Sejumlah pasukan marinir mendarat dengan menggunakan tank amfibi saat melakukan penyerangan terhadap musuh di Pulau Tanah Tumbuh Makassar, Minggu (13/2). FOTO ANTARA/Yusran Uccang/11

Jakarta – Markas Besar (Mabes) TNI merencanakan akan menggelar 41 operasi militer di dalam negeri sepanjang 2024 yang melibatkan total 31.447 personel prajurit TNI dari tiga matra, sedangkan rencana operasi TNI di luar negeri umumnya merupakan keterlibatan prajurit dalam pasukan perdamaian PBB.

Saat Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memaparkan adanya peningkatan dukungan untuk operasi TNI di dalam negeri per Januari 2024.

“Kami laporkan bahwa pada Tahun 2024 ini TNI menyelenggarakan 41 jenis operasi dalam negeri dengan melibatkan 31.447 prajurit TNI,” kata Panglima TNI saat Rapim TNI-Polri Tahun 2024.

Dalam Rapim TNI/Polri, Agus Subiyanto melaporkan rencana kerjanya kepada Presiden RI Joko Widodo yang hadir dan membuka rapat.

Dalam operasi pengamanan instalasi VVIP, prajurit TNI turut bertugas mengamankan Istana Presiden dan Istana Wakil Presiden, kediaman jabatan (rumah dinas) presiden dan wapres, kediaman pribadi presiden dan wapres, tempat kegiatan, acara, dan instalasi lain yang dihadiri presiden dan wakil presiden, kemudian peralatan dan perangkat (materiil) yang digunakan selama kegiatan presiden dan wapres.

Tidak hanya operasi di dalam negeri, Panglima juga melaporkan rencana operasi TNI di luar negeri, yang sebagian besar merupakan keterlibatan prajurit dalam pasukan perdamaian PBB di beberapa negara.

“Terdapat 2.514 prajurit TNI yang menjalankan peran diplomasi militer ke dunia internasional sebagai bagian dari pasukan pemeliharaan perdamaian dunia, seperti UNIFIL di Lebanon, MONUSCO di Kongo, MONUSCA di Afrika Tengah, dan beberapa di negara konflik lainnya di dunia,” kata Panglima TNI.