Boomnews.id

Portal Berita Terkini

Kemenhub Buka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Selama 3-18 April 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) memberi keterangan usai membuka posko pusat angkutan Lebaran Idul Fitri 2024 M/ 1445 Hijriah di Jakarta, Rabu (3/4/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu selama 3-18 April 2024 untuk mengoordinasikan penyelenggaraan angkutan Idul Fitri 2024 M/1445 Hijriah di seluruh  Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu, mengatakan pembentukan posko terpadu sebagai upaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat selama melaksanakan mudik maupun ketika arus balik.

“Kita tentu berusaha untuk berbuat yang terbaik sebagaimana yang disampaikan, diperintahkan Pak Presiden (Joko Widodo), kami harus melayani masyarakat dengan baik, kami mengharapkan mudik ini aman, nyaman, selamat, dan berkesan,” kata Budi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu dibentuk di seluruh Indonesia dengan melibatkan sejumlah pemangku kepeningan di antaranya Korlantas Polri, BMKG, Basarnas dan pihak terkait lainnya.

“Kami akan kolaborasi, tempat ini (Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu) akan secara real  time  menyampaikan soal angkutan darat, laut, udara, ASDP tentang apa yang dilakukan di tempat-tempat itu. Dan kami akan melakukan vidcom dan kami akan berkomunikasi secara random,” ujar Budi.

Menurut Budi posko pemantauan tersebut akan semakin meningkatkan sinergi antara Kemenhub dengan pihak Kepolisian, TNI, Basarnas, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jasa Marga, ASDP, dan berbagai instansi terkait lainnya.

“Kami berusaha untuk melakukan semua ini dengan baik, tetapi tentu hal ini bisa dilakukan dengan baik jika berkolaborasi dengan stakeholder dan itu kunci keberhasilan yang dilakukan di tahun sebelumnya. Kami juga mengharapkan mudik tahun ini aman, nyaman, selamat, dan berkesan,” kata Menhub Budi.

(sumber: antaranews)