Boomnews.id

Portal Berita Terkini

Kogabwilhan III: Aparat Gabungan TNI-Polri Tembak Mati 2 KKB di Tembagapura Mimika

KKB Abubakar Kogoya (dok. istimewa)

TIMIKA – Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard TH Tampubolon, membenarkan terjadinya kontak tembak antara aparat keamanan gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di wilayah Distrik Tembagapura Mimika Papua.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis sore (4/4/2024). Kontak tembak tersebut dipicu oleh bunyi letusan senjata di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura yang mengakibatkan para pendulang non-karyawan atau masyarakat setempat lari ketakutan dan berlari ke arah Utikini.

Merespons situasi tersebut, aparat keamanan gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri bersama KOOPS HABEMA merapat ke lokasi dan terjadi kontak tembak.

Pasca-kontak tembak, ditemukan 2 korban jiwa di pihak KKB Papua, yang diyakini salah satunya Abubakar Kogoya serta sebuah pucuk pistol. Tidak ada korban jiwa dari anggota TNI-Polri.

“Keberhasilan aparat keamanan gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua,” kata Pangkogabwilhan IIILetjen Richard TH Tampubolon pasca-kontak tembak.

Lanjutnya dari pihak aparat keamanan gabungan TNI-Polri tidak ada kerugian jiwa maupun senjata.

“Keberhasilan aparat keamanan gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua,” ujarnya. (*)