Boomnews.id

Portal Berita Terkini

67 Warga Bulung Kulon Kudus Diduga Alami Keracunan Makanan Saat Hajatan

Ilustrasi muntah keracunan. [Dok.JurnalJatim.com]

Kudus – Sejumlah warga Desa Bulung Kulon, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diduga mengalami keracunan usai makan di hajatan. Puluhan warga itu dibawa ke puskesmas dan rumah sakit di Kudus.

“Masih dalam penanganan tim kesehatan puskesmas dan rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Andini Aridewi dikutip dari detikJateng, Selasa (14/5/2024).

Andini menjelaskan, sampai pukul 16.00 WIB tadi ada sebanyak 67 warga yang dirawat di rumah sakit. Mereka diduga mengalami keracunan makanan.

“Korban jiwa tidak ada. Data sementara, jam 4 sore tadi yang dirawat 67 orang,” jelas Andini.

Dinas Kesehatan Kudus berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit dan puskesmas untuk merawat warga yang mengalami keracunan.

“Dirawat di Puskesmas Jekulo, RS Nurul Syifa, dan RSUD, untuk informasi sementara itu. Yang jelas kami siapkan puskesmas rawat inap semua misalnya ada korban lagi, untuk semua rumah sakit siap,” Andini melanjutkan.

Menurut Andini, puluhan warga itu diduga mengalami keracunan usai menyantap makanan di hajatan. Untuk memastikan penyebabnya, Dinas Kesehatan tengah melakukan uji sampel makanan.

“Ada hajatan, jadi kebetulan mereka makan pada suatu acara tertentu bareng-bareng. Lha ini, karena makanan itu apa tidak kan kita belum tahu,” ujar dia.

“Untuk dari makanan apa masih dilakukan uji lab dari sampel,” Andini melanjutkan.

Terpisah, Kapolsek Jekulo AKP Lukhar Syan’in mengatakan polisi masih melakukan pemeriksaan dan memastikan jumlah korban yang diduga mengalami keracunan usai makan bersama. Polisi juga mendatangi pemilik rumah yang menyelenggarakan hajatan.

“Kami masih konfirmasi para korban dan tuan rumah, untuk laporan jelas kami baru membuat laporan,” kata Lukhar lewat pesan singkat.

(dil/ahr)