Kemenhub Berharap Uji Coba Taksi Terbang di IKN Tidak Mengganggu Jalur Pesawat

0
(0)

Seorang pilot berjalan di depan peswat elektrik Archer Midnight. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Jakarta, 3 Juli 2024 – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Indonesia menyatakan harapannya bahwa uji coba taksi terbang di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak akan mengganggu jalur penerbangan pesawat komersial. Keputusan ini diambil dalam rangka mendukung inovasi transportasi udara di Indonesia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Sigit Hani Hadiyanto di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa pihaknya menyetujui rencana uji coba taksi terbang di IKN selama tidak mengganggu ruang udara penerbangan komersial.

“Jadi, pihak penyedia atau apapun operatornya kalau dengan konsep yang tentunya masih menggunakan ruang udara yang tidak bersinggungan dengan ruang udara untuk pesawat udara berawak itu bisa dilakukan,” kata Sigit.

Dia menjelaskan bahwa taksi udara termasuk dalam kategori wahana udara tidak berawak (UAM).

Akibatnya, dia menyatakan bahwa mekanisme penerbangannya dipisahkan dari ruang udara pesawat konvensional.

“Secara prinsip, saat ini kebijakannya, kalau terkait dengan wahana udara tidak berawak atau UAM (urban air mobility) atau drone, atau taksi terbang atau apapun adalah sifatnya ‘segregated’,” katanya.

Meski begitu, menurut Sigit, hal itu masih perlu dilakukan kajian lanjutan mengenai operasional taksi terbang karena konsep tersebut juga satu hal yang masih dicermati di seluruh dunia.

“ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional/International Civil Aviation Organization) sebagai penjuru regulasi penerbangan juga masih melakukan kajian-kajian mengenai hal itu. Jadi, kita juga merujuk kepada hal tersebut,” jelasnya.

Sebemumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan uji coba (proof-of-concept/POC) taksi terbang (sky taxi) untuk IKN di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

“Ada Hyundai dari Korea Selatan (Korsel) yang mau diuji coba Juli, terkait POC taksi terbang,” ujar Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi di Jakarta, Senin (27/5).

Dengan harapan bahwa uji coba taksi terbang di IKN tidak mengganggu jalur penerbangan pesawat, Kemenhub menegaskan komitmennya untuk mendukung inovasi dalam sektor transportasi. Masyarakat dan pelaku industri diharapkan untuk mengikuti perkembangan lebih lanjut terkait implementasi dan hasil dari uji coba ini dalam waktu dekat.

(Sumber Antaranews)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *