Presiden Melakukan Groundbreaking Pembangunan PLN Hub di IKN: Tonggak Sejarah Menuju Energi Berkelanjutan

0
(0)

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (dua dari kanan) beserta para menteri terkait, melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pembangunan PLN Hub di IKN. ( Sumber Photo: PLN.co.id)

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pusat ekosistem transisi energi dan layanan digital yang pertama dan terbesar di Tanah Air atau PLN Hub di jantung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu (5/6).

Dalam agenda tersebut, Presiden Jokowi menyatakan bahwa PLN Hub akan menjadi tempat bagi berkumpulnya semua stakeholder. Dengan adanya PLN Hub makin mengakselerasi transisi energi sekaligus beragam investasi di Indonesia.

“Saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PLN”,kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi didampingi Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan para menteri berjalan untuk meninjau lokasi groundbreaking Pembangunan PLN Hub di IKN. (Sumber Photo: PLN.co.id)

Lebih lanjut beliau mengatakan “Dan kita harapkan terjadi perubahan mindset kita semuanya, Ibu Kota Nusantara 100% harus memakai energi hijau.” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menerangkan bahwa kehadiran PLN Hub bukan hanya untuk PLN, melainkan untuk ekosistem besar berisi mitra dan jejaring bisnis yang berkolaborasi bersama PLN terkait transisi energi.

“Kami sudah berkomunikasi dengan mitra dan jejaring bisnis kami yang merupakan berbagai top companies internasional. Kolaborasi dengan mereka akan terus berlanjut dengan berkantor di IKN.” kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Terkait pengembangan Energi Baru dan Terbarukan untuk IKN, PLTS berkapasitas 50 MW siap beroperasi secara penuh pada pelaksanaan upacara HUT Republik Indonesia mendatang.

Tidak hanya itu, PLN juga tengah mempersiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk turut memasok listrik berbasis energi bersih ke IKN.

PLN Hub juga menjadi Hub di bidang telekomunikasi bagi PLN ICON Plus. Terdiri dari 3 gedung dengan 14 lantai, PLN Hub akan dilengkapi dengan pusat perkantoran, pusat komersial, green hydrogen park, pusat studi dan penelitian, data center, pusat laboratorium, hunian karyawan, pusat olahraga, pusat kesehatan hingga creative center.

Acara groundbreaking tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, tokoh industri, dan perwakilan dari PLN serta lembaga terkait lainnya. Semua pihak sepakat bahwa PLN Hub di IKN merupakan langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

(Sumber: PLN.co.id)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

0Shares

One thought on “Presiden Melakukan Groundbreaking Pembangunan PLN Hub di IKN: Tonggak Sejarah Menuju Energi Berkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *